Rekomendasi

Razia Balap Liar, Puluhan Motor Knalpot Brong Diamankan Polisi

Senin, 15 Maret 2021 : 19.13
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Sebanyak 18 unit sepeda motor menggunakan knalpot brong atau tidak sesuai standar diamankan di halaman Polsek Kartasura, Polres Sukoharjo. Para pemilik bisa mengambil setelah kelengkapan sparepart standarnya terpasang kembali.


Pantauan hariankota.com, satu persatu para pemilik kendaraan berdatangan membawa spareparts atau alat kendaraan seperti knalpot yang sesuai standar aslinya.


Meskipun surat- surat lengkap, mereka terlebih dulu harus memasang sendiri knalpot yang sudah di modif, dikembalikan seperti semula menjadi knalpot standar. Ada juga yang memasang lampu kendaraan yang tidak ada saat diamankan.


"Mereka ini pemilik motor berknalpot brong yang terjaring razia pada Sabtu (13/3/2021) malam kemarin," kata Kapolsek Kartasura, Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana saat ditemui di Mapolsek, Senin (15/3/2021).


Sebelumnya, razia gabungan digelar Polisi, TNI dan Satpol PP, lantaran banyak menerima aduan dari masyarakat yang resah dengan aksi balapan liar dan konvoi motor berknalpot brong di jalan raya wilayah Kartasura


Menerima aduan ini, Polsek Kartasura dibackup Tim Pandawa Polres Sukoharjo merespon dengan

menggelar razia gabungan menyisir ruas jalan yang sering digunakan aksi balap liar.


Hasilnya sebanyak 26 unit sepeda motor, 18 diantaranya memakai knalpot brong diamankan. Bahkan saat diamankan, para pemilik diminta jalan kaki sambil menuntun masing - masing sepeda motornya hingga kantor Polsek Kartasura. Jauh jaraknya sekira 1 kilometer.


"Untuk surat - surat sepeda motor yang tidak lengkap, atau pelanggaran tidak memiliki SIM langsung ditangani Satlantas. Razia akan terus rutin kami lakukan dengan waktu acak guna mengantisipasi balap liar dan penggunaan knalpot brong kembali terjadi," tegas Kapolsek.


Salah seorang pemuda pemilik sepeda motor jenis RX King yang terjaring razia, Rochmad asal Desa Weru, Kecamatan Baki, Sukoharjo beralasan, sengaja memasang knalpot tidak sesuai standar sekedar untuk bergaya, seperti yang dilakukan teman- temannya sesama pemilik RX King lainnya.


"Gimana lagi pak, saya kan anak muda. Jadi untuk gaya-gayaan saja," pungkasnya sambil berjanji setelah terjaring razia tidak akan mengulang kembali memasang knalpot brong.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :