Rekomendasi

Sekda Pemprov Bali Dorong Pejabat Administrator Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan

Selasa, 02 Maret 2021 : 22.07
Published by Hariankota


DENPASAR
- Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mendorong para pejabat administrator (Eselon 3) untuk terus meningkatkan kompetensi kepemimpinannya. Harapan tersebut disampaikan Sekda Bali saat menjadi narasumber dalam Diklat Pejabat Administrator Pemprov Bali di Aula Melati, BPSDM Provinsi Bali, Selasa (2/3)


Dalam arahannya kepada  35 peserta Diklat Kepemimpinann Administrator Angkatan 1 Tahun 2021, Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwasannya kompetensi kepemimpinan harus terus dibangun dalam setiap individu para pejabat, maka dengan demikian para pejabat akan mampu membawa gerbong organisasinya kearah yang lebih baik kedepannya. 


“Kepemimpinan itu bukan posisi/jabatan, kepemimpinan itu adalah bagaimana seseorang mampu mengajak, memotivasi, mempersuasi anggotanya untuk membangun organisasi kesatu arah yang lebih baik. Kalau seorang pejabat belum bisa melakukan hal ini, maka dia hanya seorang pejabat bukan pemimpin. Bukan posisi /jabatan  yang membuat seseorang menjadi pemimpin, tetapi aktivitasnya atau tindakannya,“ imbuhnya. 


Sekda Dewa Indra mengurai terdapat lima hal penting dalam upaya membangun kompetensi kepemimpinan seseorang. Hal pertama yang menjadi dasar yaitu posisi / kedudukan, kemudian kemampuan untuk membangun konektivitas, membangun relasi. Ketika dua hal tersebut tercapai, maka untuk menjadi pemimpin harus mampu membangun kinerja organisasi  lalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dari orang orang yang ada dalam organisasi tersebut.


Dan pada akhirnya, seorang pemimpin harus mampu menciptakan peluang bagi kemajuan organisasinya serta meninggalkan warisan yang baik yang dapat diteladani dan digunakan oleh generasi berikutnya.


“ Membangun kompetensi kepemimpinan di pemerintahan tidak cukup hanya dengan kapasitas (disiplin ilmu) yang dimiliki, tetapi juga harus memahami perspektif pemerintahan dan harus mampu menggerakkan semua sumber daya yang ada baik itu sumber daya manusia, peralatan dan sumber daya  lainnya,” pungkasnya. 




Jurnalis : Made 
Editor : Mahardika

Share this Article :