Rekomendasi

Tinjau Jalan Ambles, Bupati Sukoharjo Janji Segera Perbaiki

Rabu, 17 Maret 2021 : 19.19
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Bupati Sukoharjo Etik Suryani meninjau lokasi jalan desa Tiyaran- Kedungsono. Jalan penghubung antar desa di wilayah Kecamatan Bulu, Sukoharjo itu rusak parah akibat tergerus curah hujan yang tinggi.


Pantauan hariankota.com, saat tiba di lokasi, bupati yang baru dilantik 26 Februari lalu ini didampingi jajaran Dinas PU terkait. Etik berjanji segera melakukan perbaikan agar lalu - lintas kendaraan masyarakat segera pulih kembali.


"Ini, kami (telah) berkoordinasi dengan Dinas PU bersama Pak Lurah Tiyaran, melihat lokasi," kata Etik saat mengecek langsung kondisi jalan ambles, Rabu (17/3/2021).


Dari hasil pengecekan, Etik mengakui kerusakan jalan yang ambles di Tiyaran arah Kedungsono memang cukup parah. Kerusakan dipicu akibat gerusan air Sungai Kedungsono yang meluap selama terjadi hujan ekstrim beberapa hari terakhir.


"Jadi nanti, Insya Allah kami akan berbicara membahas perbaikan jalan ini. Kami menunggu proses dana dari refocusing, begitu dana turun maka segera dilakukan perbaikan," tegasnya.


Disela peninjauan, Etik juga menyempatkan menyapa sejumlah warga yang ada di lokasi, terutama warga yang berada di dekat lokasi jalan ambles tersebut sembari meminta doa agar senantiasa diberikan kesehatan dan Sukoharjo dijauhkan dari segala musibah.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo menyampaikan, kondisi jalan yang rusak karena mengalami pergeseran dan amblas ke arah sungai.


"Rencana penanganannya, pembuatan dinding penahan, dengan pondasi pancang (mini pile) dan dinding beton bertulang," jelasnya.


Badan jalan yang amblas, disebutkan akan ditimbun dengan material berupa tanah pilihan, LPB (sirtu) dan LPA. Perkerasan akan dilakukan di sepanjang jalan yang ambles.


"Nanti juga akan dibuatkan gorong -gorong baru di sepanjang jalan yang ambles ini," pungkasnya. 




Jurnalis : Sapto 
Editor : Mahardika

Share this Article :