Rekomendasi

Bali Miliki Potensi Pengobatan Tradisional

Rabu, 28 April 2021 : 22.25
Published by Hariankota


DENPASAR
– Pameran Pengobatan Tradisional dan Praktek Pangusada Bali digelar di Parkir Sebelah Barat Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (28/4).


Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi terselenggaranya pameran tersebut, mengingat Bali terkenal akan pengobatan yang sudah diwariskan secara turun temurun.


“Pengobatan tradisional kita atau Usada Bali merupakan warisan secara turun temurun yang perlu dilestarikan," jelasnya.  


Keberadaan pengobatan tradisional kedepannya mampu mengimbangi obat tradisional dari luar seperi dari China ataupun Korea. Selain itu keberadaan pengusaha Obat Tradisional lebih diperhatikan lagi ke depannya. 


“Agar tidak terjadi kompetisi yang kurang sehat, perlu dibentuk perkumpulan atau asosiasi yang mewadahi para pengusaha obat tradisional ini,” imbuhnya.


Sementara itu staf ahli Gubernur Bali Bidang Permukiman dan Sarana Prasarana Wilayah I Dewa Putu Eka Wijaya Wardana sebut pameran ini bertujuan mengangkat pengobatan tradisional. 


"Karena Bali mempunyai potensi pengobatan yang luar biasa jika dikembangkan," jelasnya.  


Pameran ini diikuti oleh tiga komponen yaitu Pengusaha Obat, Praktek Pangusada serta petani pemasok bahan baku Obat dari seluruh Bali.




Jurnalis : Wayan 
Editor : Mahardika

Share this Article :