Rekomendasi

Buru Aset Tersangka Korupsi Asabri, Kejagung Sita Hotel Brothers Solo Baru Sukoharjo

Senin, 05 April 2021 : 19.30
Published by Hariankota


SUKOHARJO - Kejaksaan Agung (Kejagung) terus melakukan perburuan sejumlah aset milik tersangka kasus dugaan korupsi PT Asabri. Kali ini perburuan aset sampai ke Kabupaten Sukoharjo dengan menyita sebuah hotel di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, yakni Hotel Brothers.


Informasi yang didapat, bangunan hotel dengan jumlah kamar 243 tersebut, disita tim Kejagung pada Kamis (2/4/2021) lalu. Diduga hotel tersebut milik tersangka kasus korupsi dana Asabri Benny Tjokrosaputro.


Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, Tatang Agus Volleyantono saat di konfirmasi membenarkan Ikhwal penyitaan Hotel Brothers tersebut. Penyitaan dilakukan oleh penyidik Kejagung dalam upaya mengembalikan kerugian negara. Setelah disita, maka operasional hotel ditutup.


"Karena ini penyitaan, maka (operasional) hotel ditutup," kata Kejari Sukoharjo kepada hariankota.com melalui sambungan telepon, Senin (5/4/2021).


Ditegaskan Tatang, penyitaan Hotel Brothers dalam perkara kasus korupsi dana Asabri dengan tersangka Benny Tjokrosaputro. Selain hotel tidak ada aset lain yang disita di wilayah Sukoharjo.


"Baru (hotel) itu yang disita di wilayah Sukoharjo terkait kasus Asabri," imbuhnya.


Diketahui, kendati aset yang disita terus bertambah, hingga saat ini, nominal terkumpul sementara dari sejumlah aset sitaan milik para tersangka korupsi dana Asabri, baru mencapai sekira Rp 7 triliun.


Dalam kasus mega korupsi ini, nilai kerugian negara ditaksir mencapai lebih dari Rp 23 triliun. Namun, dari nilai Rp 7 triliun hasil perburuan aset itu, informasinya belum termasuk nilai aset tambang.




Jurnalis : Sapto 
Editor : Mahardika

Share this Article :