Rekomendasi

Curi Motor Karyawan Pabrik, Warga Subang Dibekuk Polisi

Selasa, 27 April 2021 : 18.45
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Seorang tersangka pelaku pencuri motor berinisial MRR ( 21) asal Subang, Jabar berhasil dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Polokarto, Polres Sukoharjo. Tersangka diamankan beserta barang bukti hasil kejahatan 1 unit motor Suzuki Satria Nopol AD-5493-UN warna biru putih.


Tersangka ditangkap atas laporan pemilik motor bernama Triyantara ( 23) warga Dusun Tanon, Paseban,  Jumapolo, Karanganyar. Korban melapor, motornya raib saat diparkir disamping pabrik tempatnya bekerja, yakni PT. Prima Parquit Indonesia (PPI) di Dukuh Sawur, Genengsari, Polokarto, Sukoharjo.


"Motor korban diketahui hilang pada Minggu, 18 April 2021 pagi lalu sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu korban bersama seorang rekannya hendak pulang setelah bekerja masuk malam hari," terang Kapolsek Polokarto AKP Sriyadi mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Selasa (27/4/2021).


Kronologi kejadian, bermula pada Sabtu,17 April  2021 sekitar pukul  18.30 WIB, korban datang ke pabrik hendak masuk kerja berboncengan bersama rekannya mengendarai sepeda motor Suzuki Satria dan langsung parkir di samping pabrik. Korban masuk kerja sekitar pukul 19.00 WIB.


"Sepeda motor di tinggal di TKP dalam posisi tidak di kunci stang, beserta 2 helm yang dipakai. Pada hari Minggu sekitar pukul.02.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB saat jam istirahat, korban dan rekannya tidak keluar, meski sebagian karyawan lainnya keluar untuk makan sahur," papar Kapolsek.


Korban kaget pada Minggu pagi saat bersama rekanya keluar dari pabrik menuju tempat parkir hendak pulang kerumah, motornya tidak ada ditempat. Mereka hanya menemukan dua helm yang dipakai saat berangkat bekerja. Helm milik korban merk KYT warna Orange dan helm milik rekan korban merk INK warna biru.


"Saat itu, upaya pencarian dibantu dua orang karyawan pabrik lainnya juga dilakukan dengan menyisir sekitar lokasi di area perkebunan, namun hasilnya nihil. Sadar motornya telah dicuri, korban kemudian melapor polisi," sambung Kapolsek.


Setelah dilakukan penyelidikan dan perburuan, tersangka pelaku akhirnya pada Senin (26/4/2021) sekitar pukul 17.00 WIB dapat diringkus beserta barang bukti 1 unit motor yang dicuri dan 1 unit motor yang diduga digunakan sebagai sarana melakukan aksi.


"Barang bukti yang kami amankan, 1 unit motor Satria hasil kejahatan dengan plat nomor sudah dilepas, 1 buah kunci kontak sebagai alat melakukan kejahatan, dan 1 unit Honda Beat Nopol AD- 6201-APB," sebut Sriyadi.


Dari barang bukti tersebut, tidak tertutup kemungkinan tersangka dalam beraksi tidak sendiri. Oleh karenanya kasus tersebut saat ini masih akan dikembangkan guna mengungkap kemungkinan adanya pelaku lain.


"Untuk tersangka, dijerat pasal 363 ayat (1) ke-5 KUH Pidana tentang pencurian dengan merusak atau memakai kunci palsu. Ancaman hukumannya paling lama 7 tahun," pungkasnya kepada hariankota.com.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :