Rekomendasi

Gali Masukan Revisi UU Kejaksaan, Anggota Komisi III DPR RI Sambangi Kejari Sukoharjo

Jumat, 23 April 2021 : 20.23
Published by Hariankota


SUKOHARJO
-Anggota DPR RI Komisi III Eva Yuliana menyatakan, pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang revisi atas Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Terkait hal itu, pihaknya siap mendengar masukan publik untuk menguatkan Korps Adhyaksa.


"Pembahasan RUU tentang revisi UU Kejaksaan, Insya Allah akan dimulai pada masa persidangan mendatang, akan dibuka pada 6 Mei. Tapi untuk masa pembahasannya memang belum diputuskan," kata Eva saat melakukan kunjungan perseorangan masa reses di Kejari Sukoharjo, Sabtu (23/4/2021).


Arah pengaturan RUU Kejaksaan berfokus pada upaya penguatan kelembagaan yang merdeka termasuk di dalamnya penguatan tugas dan wewenang Jaksa Agung, Kejaksaan, dan Jaksa.


"RUU ini telah resmi menjadi RUU usulan DPR RI berdasarkan rapat paripurna pada tanggal 9 April 2021 lalu. Nah, saat ini kami perlu mengumpulkan masukan dan tanggapan dari teman-teman kejaksaan," terangnya.


Selain materi RUU Kejaksaan RI, Eva Yuliana juga menjadikan kesempatan bertemu jajaran Kejari Sukoharjo untuk memantau dan menyusun evaluasi khusus terkait pelaksanaan keadilan restoratif sesuai arahan Jaksa Agung dalam Perja No. 15 tahun 2020.


"Kami ingin tahu berapa kasus keadilan restoratif yang sudah atau sedang ditangani. Sejauh mana proses tersebut di lapangan. Dengan kata lain, Kami disini ingin belanja masalah untuk kemudian kami bawa ke tingkat parlemen pusat supaya dibahas lebih lanjut," paparnya.


Menanggapi kunjungan ini, Kepala Kejaksaan Negeri Sukoharjo, Tatang Volleyantono, menyampaikan apresiasinya atas informasi tindak lanjut pembahasan RUU Kejaksaan. Revisi UU Kejaksaan diharapkan akan lebih memperkuat independensi aparat kejaksaan menjadi lebih baik.


“Kami berharap RUU Kejaksaan bisa segera diselesaikan dengan cepat untuk kebaikan bersama,” pungkas Tatang kepada hariankota.com. 




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :