Rekomendasi

Panglima TNI Benarkan Insiden Kapal Selam Nanggala 402 Yang Hilang di Perairan Bali

Rabu, 21 April 2021 : 20.48
Published by Hariankota


DENPASAR
- KRI Nanggala-402 yang semula ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali dikabarkan hilang kontak pada Rabu (21/4) pagi. Dikhawatirkan kapal selam buatan Jerman tahun 1979 tersebut tenggelam.


Kapal selam ini mengangkut 53 orang, terdiri dari 49 anak buah kapal, satu komandan dan tiga orang pakar persenjataan.  latihan penembakan senjata strategi di perairan Selat Bali.


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan insiden itu. Ia mengatakan, kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer, dari utara Pulau Bali, pagi tadi, sekitar pukul 03.00.


 “Baru ijin menyelam, setelah diberi clearance, langsung hilang kontak,” paparnya kepada awak media, Rabu (21/4/2021). 


Panglima TNI berharap kondisi kapal bisa ditemukan. Dan saat ini TNI berupaya keras untuk menemukan dimana posisinya saat ini. Bahkan pihaknya juga meminta bantuan AL Singapura dan AL Australia yang memiliki kapal penyelamat kapal selam. 


KRI Nanggala 402 dibuat di HDW (Howaldtswerke Deutsche Werft) Jerman pada 1977 dan mulai digunakan pada 1981, dengan kecepatan jelajah 21,5 knot dengan kapasitas penumpang 34 orang.


Panglima TNI sebut sampai saat ini pencarian dengan melibatkan berbagai kapal perang terus dilakukan untuk mencari keberadaan kapal selam tersebut. 


"Ada dugaan, jika kapal itu kini berada di palung dengan kedalaman mencapai 700 meter. Besok saya segera menuju ke lokasi," pungkasnya.  




Jurnalis : San 
Editor : Mahardika

Share this Article :