Rekomendasi

Panglima TNI Ungkap Bukti Gugurnya Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Minggu, 25 April 2021 : 21.38
Published by Hariankota


BADUNG - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ungkap beberapa bukti otentik yang kemudian dijadikan dasar dan kesimpulan bahwa kemungkinan besar 53 personil yang ada dalam kapal selam KRI Nanggala 402 tidak selamat.  


Panglima menjelaskan KRI Rigel berhasil menemukan bukti otentik berupa tangkapan kamera dalam air dengan bantuan multibeam sonar, magnetometer, hingga robot Remotely Operated Vehicle (ROV).


"Juga menurunkan ROV untuk memperkuat citra bahwa air secara visual menggunakan kamera, " ungkap Panglima TNI, Minggu (25/4/2021). 


Dari hasil pemindaian tersebut dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar bagian luar badan, tekan kemudi selam timbul bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal.  


Panglima TNI juga menyatakan Operasi Search and Rescue (SAR) telah dilakukan secara maksimal. Saat ini adalah duka yang sangat mendalam terkait  KRI Nanggala telah tenggelam bersama seluruh awaknya yang berjumlah 53 orang. Mereka merupakan patriot terbaik bangsa. 


Panglima menyatakan duka yang sangat mendalam atas tenggelamnya KRI Nanggala 402 dan gugurnya 53 personel di kapal selam tersebut.


"Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar prajurit selaku Panglima TNI saya sampaikan rasa dukacita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur," pungkasnya.  




Jurnalis : Made 
Editor : Mahardika

Share this Article :