Rekomendasi

Pengangkatan Bangkai KRI Nanggala Akan Berkoordinasi Dengan ISMERLO

Rabu, 28 April 2021 : 20.16
Published by Hariankota


BADUNG - Terkait rencana pengangkatan KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali, 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono sebut pihaknya akan berkoordinasi dengan ISMERLO.


"Kita koordinasikan dengan pihak terkait khususnya di dalam organisasi ISMERLO. Bagaimana (metode pengangkatan) akan dibahas lebih lanjut," jelas Kasal di Bali belum lama ini.  


Kasal juga menyebut berapa atau membutuhkan waktu berapa lama proses evakuasi, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono akan didiskusikan lebih lanjut.  


"Untuk berapa lama nanti, akan kita diskusikan dulu, karena ini sangat langka tentang evakuasi dari laut dalam yang sampai 838 meter tidak bisa kita tentukan sekarang," paparnya.  


Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono mengatakan, kapal selam KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4/2021), ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.


Kapal selam Nanggala 402 terbelah menjadi tiga bagian. Di antaranya, bagian belakang kapal yang tidak berbadan tekan, buritan badan kapal, hingga bagian haluan yang terlepas.


KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 03.30 WIB. KRI Nanggala 402 dilporkan hilang di perairan Utara Pulai Bali ketika hendak menjalankan latihan.


Dalam latihan tersebut KRI Nanggala membawa 53 awak (49 ABK, 1 komandan kapal, dan 3 orang Arsenal) dan semuanya dinyatakan gugur. 




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :