Rekomendasi

Proses Pencarian Terus Berjalan Intensif

Minggu, 25 April 2021 : 21.35
Published by Hariankota


JAKARTA
- Proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 terus dilakukan. Kendati Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Sabtu (24/4/2021) kemarin telah menyatakan bahwa kapal selam itu tenggelam (subsunk) – setelah sebelumnya dinyatakan hilang (submiss).


Meski begitu upaya penyelamatan terus dilakukan. Bahkan semakin intensif setelah tibanya sejumlah bantuan – termasuk bantuan dari sejumlah negara sahabat.


"Saya atas nama Panglima TNI menyampaikan rasa prihatin yang mendalam. Kita bersama-sama mendoakan supaya proses pencarian ini terus bisa dilaksanakan," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (24/4/2021) kemarin.  


Sementara KSAL Laksamana TNI Yudo Margono juga mengajak masyarakat untuk tidak berspekulasi mengenai nasib KRI Nanggala 402.


"Kita semua tidak bisa menduga-duga sampai tahu bagaimana kondisi korban, dan sebagainya. Dengan evakuasi nanti baru bisa kita tentukan," katanya.  


Laksamana Yudo juga menambahkan, dengan ditemukannya komponen-komponen yang diyakini merupakan bagian dari Kapal KRI Nanggala 402, maka akan menjadi titik terang pertama.


Pihaknya kini sedang melakukan koordinasi bersama organisasi The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) untuk proses evakuasi lebih lanjut. Seperti diketahui bahwa ISMERLO setiap dua tahun kerap membicarakan bagaimana proses penyelamatan kapal selam. 


"Jadi tetap akan kami upayakan untuk bisa dievakuasi. Saya tidak bisa menentukan kapan waktunya, nanti akan kami bicarakan dari tim kami, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri," katanya. 




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :