Rekomendasi

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Bantu Angkut Bantuan Ke NTT

Senin, 12 April 2021 : 21.30
Published by Hariankota


JAKARTA
- TNI Angkatan Lau (TNI AL) mengerahkan rumah sakit lapangan, personil dan alat dukungan lainnya untuk membantu mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono, gerak cepat jajaran TNI AL dimulai pada  Senin 5 April  KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 diberangkatkan dengan membawa rumah sakit lapangan dan Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL dari Surabaya. 

"Saat ini KRI Oswald Siahaan mendukung transportasi untuk para  relawan dan logistik bantuan sosial dari Maumere ke Lembata. Sedangkan Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL mendirikan Posko Kesehatan untuk para pengungsi di Lewoleba, Lembata,"kata Julius, di Jakarta, Minggu(11/4/2021).

Tim kesehatan Korps Marinir TNI AL memberikan pelayanan medis dan pengobatan umum bagi para korban, selain itu juga nantinya akan dilakukan proaktif dengan cara mendatangi para korban luka ringan.

Setelah itu TNI AL mengirimkan kapal KRI Semarang-594 pada tanggal 8 April dengan membawa bantuan sosial berupa beras, makanan cepat saji, mie instan, selimut, pakaian layak pakai dan sebagainya. Bantuan dari Jakarta 24 truk dan dari Surabaya 37 truk yang akan menuju wilayah Flores Timur Lembata dan Larantuka. KRI Semarang yang juga membawa kontainer medis beserta tenaga medisnya, akan digunakan untuk  membantu pelayanan Kesehatan bagi korban bencana.

TNI AL juga telah mengirimkan  kapal perang yang sedang operasi patroli KRI Ahmad Yani -351  untuk membantu distribusi bahan bantuan dari Kupang ke pulau Sabu dan saat ini  kapal sedang melaksanakan embarkasi bahan kontak di dermaga Lantamal VII Kupang.

Sementara itu, dari Jakarta besok  TNI AL rencananya akan memberangkatkan KRI Tanjung Kambani-971 mengangkut bansos ke Lewoleba NTT.


Reporter: Sanusi
Penulis: Sanusi
Editor: Gundi


Share this Article :