Rekomendasi

Cegah Covid-19 Klaster Pemudik, Pemkab Sukoharjo Kerahkan Petugas Sisir Rumah Warga

Jumat, 07 Mei 2021 : 19.24
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Langkah antisipasi mencegah penyebaran pandemi klaster pemudik dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan melakukan sweeping. Melalui Satgas Penanganan Covid-19 di masing- masing kecamatan, sejumlah warga yang baru datang dari perantauan didatangi secara acak di rumah masing - masing untuk dilakukan Swab Test Antigen.


Meski sudah ada larangan mudik, namun sekira dua ribu lebih warga perantauan dari Kota Makmur telah pulang secara bergelombang. Mereka tersebar di 12 kecamatan.


Berbekal laporan dari tiap desa, petugas menyisir satu persatu pemudik yang belum mengantongi surat keterangan sehat. Bagi yang belum mengantongi surat sehat langsung dilakukan Swab Test Antigen, Jum'at (7/5/2021).


Penyisiran salah satunya di lakukan di wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota dipimpin Ketua Satgas Kecamatan yang juga Camat Sukoharjo Kota, Havid Danang PW.


"Sudah banyak pemudik yang datang lebih awal di Sukoharjo. Untuk itu, pemudik yang belum mengantongi surat sehat dilakukan Swab Test Antigen. Ini untuk memastikan warga pendatang tersebut benar-benar sehat dari virus," jelasnya kepada hariankota.com.


Sesuai data, untuk Kecamatan Sukoharjo ada 346 perantau yang telah tiba lebih awal. Sebagian sudah punya surat keterangan sehat, namun banyak juga yang belum memiliki. Bahkan, ada pemudik yang belum melapor ke faskes terdekat.


"Pemeriksaan ini dilakukan tidak ke semua pemudik. Kami mengambil sampel dari setiap kelurahan masing - masing dua orang sebagai sampel," katanya.


Dari hasil pengambilan sampel tersebut, Danang mengatakan, seluruhnya negatif Covid-19. Meski hasilnya negatif, pemudik tersebut tetap dipantau kondisinya. Jika mengalami gejala sakit, petugas akan melakukan tindakan.


"Dengan pengawasan intensif diharapkan tidak muncul klaster baru dari pemudik. Selain itu, kami juga mengingatkan kepada satgas di tingkat RT pentingnya aktif memantau pergerakan pemudik di wilayah masing-masing," pungkasnya.




Jurnalis : sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :