Rekomendasi

Harga Kebutuhan Pangan Masyarakat Solo Jelang Lebaran Stabil

Kamis, 06 Mei 2021 : 23.11
Published by Hariankota


SOLO
– TIM Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Surakarta, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga pasar tradisional yakni Pasar Nusukan, Pasar Legi ( pasar darurat ) dan Pasar Gedhe. 


Bahan pangan yang dijadikan fokus pantauan ialah daging sapi, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, beras, bawang putih dan bawang merah. Harga komoditas pangan strategis itu masih stabil, dan ketersediaan serta pasokan juga masih aman.


Tidak ada kenaikan signifikan harga barang kebutuhan pokok masyarakat. Kenaikan masih dalam batas kewajaran dan stabil.


“Mungkin ada kenaikan harga barang, daging ayam, beras, telur ayam dan minyak. Tapi yang lain masih stabil di tengah lebaran kenaikan cukup wajar, antara lain ayam Rp. 38 ribu dari Rp.34 ribu. Masyarakat Solo tenang saja,” ungkap Gibran.


Sementara, Wawawali Teguh senada mengatakan, harga barang pokok di Pasar Legi yang merupakan pasar kulakan dan induk kebutuhan pokok masyarakat masih stabil. 


“Kenaikan seribu, seribu lima ratus, saya anggap daya beli masyarakat masih mampu. Pergerakan harga merangkak hanya nol koma sekian jadi tidak perlu ada kekawatiran,” tandas Teguh.


Saat sidak di Pasar Legi, Teguh mendapatkan pertanyaan seputar selesainya pembangunan bangunan baru Pasar legi. Teguh pun meyakinkan para pedagang pada akhir tahun diharapkan bisa segera digunakan.


Diketahui, Sidak Pasar diintensifkan Di Kota Surakarta mendekati lebaran. Hal tersebut sebagai salah satu upaya pengendalian harga dan membangun espektasi positif masyarakat selama Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.


”Salah satu program kerja TPID ialah pengendalian harga melalui pemantauan harga komoditas penyumbang inflasi,” jelas Ahyani. 




Jurnalis : Dita
Editor : Mahardika

Share this Article :