Rekomendasi

Kasus Video Halalbihalal Viral, Bupati Copot Plt Camat Sukoharjo

Senin, 24 Mei 2021 : 18.38
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Setelah ramai jadi bahan pergunjingan masyarakat, Bupati Sukoharjo akhirnya mencopot Havid Danang PW sebagai Plt Camat Sukoharjo. Havid dinilai telah melanggar SE Bupati tentang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro selama pandemi Covid-19.

Kehadirannya bersama lurah se- Kecamatan Sukoharjo memenuhi undangan halalbihalal yang diselenggarakan PAC salah satu parpol tingkat kecamatan di Sukoharjo, melanggar keputusan Bupati tentang larangan kegiatan yang berpotensi kerumunan selama pandemi.

"Plt Camat Sukoharjo Havid Danang dicopot dari jabatannya dan dikembalikan sebagai Lurah Gayam. Sebab sebelum menjabat sebagai camat, dia merupakan Lurah," kata Bupati dalam rilisnya kepada hariankota.com, Senin (24/5/2021).

Tindakan tegas pencopotan Havid dan mengembalikannya pada jabatan semula sebagai Lurah dilakukan Bupati selaku pimpinan pemerintahan di lingkungan ASN Kabupaten Sukoharjo.

"Apa yang dilakukan Plt Camat Sukoharjo telah menjadi sorotan banyak pihak, mencoreng dan melanggar SE. Karena itu, guna mempermudah pemeriksaan Inspektorat, posisi camat dilepas," terang Etik.

Selain dikembalikan sebagai Lurah, Bupati menegaskan, juga menjatuhkan sanksi berupa pembinaan. Tujuannya agar ke depan Havid menjadi lebih disiplin.

"Kami juga meminta agar seluruh ASN dan seluruh perangkat yang ada di lingkungan Pemkab Sukoharjo tetap disiplin dan patuh apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah. Sebab tujuan utama dari PPKM skala mikro adalah mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Sementara Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa yang mendampingi Bupati menambahkan, langkah yang diambil oleh Pemkab Sukoharjo merupakan bentuk ketegasan. Pihaknya tidak akan pernah mentolerir setiap tindakan yang jelas-jelas tidak mencerminkan sikap dari Pemerintah.

"Ini adalah bentuk ketegasan atas pelanggaran yang ada. Terlebih apa yang dilakukan oleh Plt Camat Sukoharjo adalah pelanggaran disiplin. Kami berharap semua pihak belajar dari kasus ini dan tetap mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Menyinggung tentang pejabat pengganti posisi camat berikutnya, Agus mengatakan nantinya akan ada yang mengisinya. Namun untuk saat ini, masih dalam tahap seleksi.

Seperti diberitakan, video halalbihalal yang dihadiri Havid viral lantaran dalam acara itu juga ada hiburan musik berupa organ tunggal dengan seorang penyanyi dangdut perempuan. Sambil bergoyang pinggul, sang penyanyi terlihat menyambangi meja tempat duduk Plt Camat Sukoharjo tersebut.


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :