Rekomendasi

Pelatihan CGCAE Diharapkan Mampu Tingkatkan Peran Wujudkan Pemerintahan Ekonomis, Efektif dan Efisien

Selasa, 18 Mei 2021 : 22.12
Published by Hariankota


DENPASAR
- Pelatihan Certification Of Government Chief Audit Executive ( CGCAE) digelar di Hotel Grand Inna Kuta, Badung , Selasa (18/5) 


Wakil Gubernur Bali Prof.Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati  apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan CGCAE. Mengingat peran daripada Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sangat  penting dalam melakukan peringatan dini terkait kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pengusutan atas kebenaran laporan mengenai adanya indikasi terjadinya korupsi. 


Untuk itu, agar dapat melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan tersebut ,APIP perlu mendapat penguatan baik penguatan kelembagaan, penguatan personil melalui pendidikan dan pelatihan serta penguatan anggaran. 


" Saya menyambut baik pelatihan CGCAE ini,sehingga APIP bisa lebih berperan dalam peningkatan tata kelola pemerintahan sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan prinsip ekonomis, efektif dan efisien, " imbuhnya. 


Lebih jauh dalam sambutannya, Guru Besar ISI Denpasar ini juga menyampaikan bahwasannya penyelenggaraan program sertifikasi CGCAE ini memiliki manfaat diantaranya membantu pimpinan APIP untuk mengembangkan kompetensi, membantu para pimpinan Pemda dalam memilih calon pimpinan APIP serta mempersiapkan para pegawai untuk bisa menjadi pimpinan APIP. 


"Melalui sertifikasi ini saya harap APIP berfungsi lebih  optimal  baik sebagai pendamping maupun pengawas. Semoga dengan suasana dan vibrasi alam Bali kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, " tuturnya. 


Pelatihan CGCAE diikuti sekitar 23 peserta yang berasal dari Inspektorat di  Wilayah Bali dan NTB. Pelatihan berlangsung dari tanggal 18-21 Mei 2021 dan dilanjutkan dengan uji kompetensi selama dua hari pada tanggal 27-28 Mei 2021. 




Jurnalis : Wayan 
Editor : Mahardika

Share this Article :