Rekomendasi

Tragis, Gegara Swafoto 9 Penumpang Perahu Wisata Tenggelam di Waduk Kedungombo

Sabtu, 15 Mei 2021 : 20.10
Published by Hariankota


BOYOLALI
- Sebanyak 9 dari 20 penumpang perahu wisata waduk Kedungombo, tepatnya masuk Desa Wonoharjo, Kemusu, Boyolali tenggelam saat tengah menikmati libur lebaran. Dugaan sementara pemicu laka air tersebut akibat aktivitas penumpang berswafoto, atau selfie.


Informasi yang didapat hariankota.com, perahu terbalik setelah sejumlah penumpang saling berswafoto diujung perahu. Akibatnya perahu menjadi tidak seimbang. Korban tenggelam beberapa adalah anak-anak dan perempuan. Mereka mayoritas tidak bisa berenang.


Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta Arif Sugiarto mengatakan, insiden terjadi tak jauh dari warung apung yang menjadi tujuan para penumpang perahu pada Sabtu, (15/5/2021) sekira pukul 11.30 WIB. Lokasinya diatas permukaan air waduk yang memiliki kedalaman antara 2-2,5 meter.


"Kronologi, tadi perahu mau ke rumah makan apung. Baru berangkat, mau sampai ke lokasi kemudian ada yang selfi atau swafoto,” terang Arif dari lokasi kejadian.


Dari sejumlah keterangan yang diterima Basarnas, Arif menuturkan, perahu kelebihan penumpang. Idealnya maksimal hanya muat 12 penumpang ditambah 1 driver atau nahkoda dan satu kenek. Namun dalam kejadian ini, total penumpang ada 20 orang.


"11 penumpang dapat diselamatkan sesaat setelah kejadian, sedangkan 9 lainnya tenggelam. Dan saat ini masih dilakukan pencarian dengan menyisir sekitar titik lokasi," paparnya.


Tim SAR Basarnas dibantu berbagai kelompok relawan dari sejumlah kota di Solo Raya berdatangan untuk mencari 9 korban yang belum ditemukan tersebut. Hasilnya hingga sekira pukul 18.40 WIB, 6 korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.


"Pencarian didukung dari Pemkab Boyolali, TNI, Polri serta relawan.

Kondisi perairan di lokasi kejadian kedalamannya sekitar 2 sampai 2,5 meter, kemudian luas pencarian baru akan dipetakan malam hari ini," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :