Rekomendasi

Belum Sempat Orasi, Aksi Demo Mahasiswa Dibubarkan Polisi

Rabu, 16 Juni 2021 : 18.37
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Tindakan tegas pembubaran aksi demo puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dilakukan aparat gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP Sukoharjo, Rabu (16/6/2021) sore.


Pembubaran dilakukan sesaat massa peserta aksi keluar berjalan kaki dari kampus UMS di Pabelan, Kartasura, menuju titik aksi di pertigaan Jl Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura. Jarak kampus dengan titik rencana aksi sekitar 200 meter.


Belum sempat menggelar orasi, massa langsung dihalau ratusan petugas gabungan untuk diminta kembali ke dalam kampus. Pembubaran dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan serta mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas yang akan ditimbulkan.


Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas yang turun langsung memimpin dilapangan bersama Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengatakan, tindakan tegas ditempuh mencegah melonjaknya penyebaran Covid-19 di Kota Makmur yang dipicu oleh kerumunan.


"Kemarin kami rapat luar biasa di Pemkab bersama jajaran instansi terkait lainnya. Bahwa melihat situasi Solo Raya saat ini, angka kasus Covid-19 meningkat. Termasuk Sukoharjo juga meningkat dengan adanya (Covid-19) varian baru," paparnya.


Dengan adanya peningkatan kasus corona itu, maka seluruh jajaran yang terlibat dalam penanganan Covid-19 harus siaga memantau segala kegiatan masyarakat untuk  menurunkan angka kasus penyebaran virus.


"Seperti kegiatan (aksi demo) ini, apalagi melibatkan orang dari luar daerah. Maka harus diingatkan untuk tidak berkumpul. Kami akan awali dengan himbauan, jika masih membandel akan diberikan sanksi. Kami angkut untuk selanjutnya diberi sanksi tipiring," tegas Kapolres.


Pantauan hariankota.com dilapangan, aksi demo dilakukan oleh puluhan mahasiswa, mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Perppu mencabut UU No.9 Tahun 2019.


Selain itu, menuntut dikembalikannya marwah dan independensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK. Cabut SK Pimpinan KPK No. 652 Tahun 2021, dan massa aksi demo juga menuntut Ketua Umum KPK Firli Bahuri diberhentikan.




Jurnalis : Sapto
Editor  : Mahardika

Share this Article :