Rekomendasi

Gelar Operasi Gabungan, Petugas Sita 375 Bungkus Rokok Ilegal

Rabu, 16 Juni 2021 : 18.36
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Sebanyak 375 bungkus rokok ilegal disita petugas gabungan Satpol PP Sukoharjo bersama TNI, Polri dan Bea Cukai Surakarta. Barang tanpa cukai resmi tersebut disita dari sebuah rumah warga di wilayah Sukoharjo.


Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo menjelaskan, ratusan rokok ilegal hasil operasi saat ini telah diamankan untuk selanjutnya akan dimusnahkan bersama di kantor Bea Cukai Surakarta.


"Untuk saat ini akan dilakukan pengembangan lebih lanjut," kata Heru kepada hariankota.com, Rabu (16/6/2021).


Operasi gabungan, menurut Heru dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan masyarakat yang resah dengan maraknya peredaran rokok ilegal.


"Setelah dilakukan penyelidikan, Selasa (15/6/2021) kemarin, kami temukan sebuah rumah yang kedapatan menyimpan rokok tanpa cukai, selanjutnya kami sita," paparnya.


Dikatakan Heru, selama ini peredaran rokok ilegal telah mengakibatkan kerugian pendapat negara dari sektor pajak, sekaligus penghambat industri rokok nasional.


Seperti diketahui berdasar data resmi Kemenkeu menunjukkan bahwa kerugian negara dari barang hasil penindakan (BHP) rokok secara nasional diperkirakan mencapai Rp 339,18 miliar per Nopember 2020 lalu.


"Untuk itu kami selaku penegak perda bersama Bea Cukai gencar melakukan razia dan penindakan terhadap peredaran barang-barang ilegal di masyarakat," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :