Rekomendasi

Gubernur Koster : Saat ini UMKM dan IKM Lokal Mulai Bangkit

Selasa, 08 Juni 2021 : 23.38
Published by Hariankota

Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster

DENPASAR - Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster sebut, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) lokal di Provinsi Bali, kembali bangki sejalan dengan adanya pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya UMKM sebagai usaha dengan karakteristik padat karya dan mampu memanfaatkan bahan baku lokal, serta sebagai penyedia barang dan jasa untuk masyarakat terbukti mampu menghadapi krisis.

"Sekaligus mampu mengembangkan ekonomi Indonesia serta mendorong kembali pergerakan ekonomi pascakrisis ekonomi akibat pandemi COVID-19," paparnya dalam Webinar Securities Crowdfunding-Alternatif Pendanaan UMKM pada Selasa (8/6/2021).

Salah satu contohnya untuk bangkitkan IKM maupun UMKM di Bali sejak  akhir Februari 2021 seluruh pegawai di lingkungan instansi pemerintah daerah dan instansi vertikal, perguruan tinggi, Pemerintah kabupaten kota beserta perangkat daerahnya, BUMN hingga BUMD telah diwajibkan menggunakan pakaian berbahan kain tenun khas Bali setiap hari Selasa.

"Dengan wajib menggunakan  kain tenun atau kain tradisional Bali setiap hari Selasa. Tentunya, hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan UMKM agar cepat pulih dari krisis akibat pandemi COVID-19," jelas Wayan.

Pastinya hal tersebut  terbukti mampu  memberikan dampak positif bagi keberlanjutan IKM-UMKM. Ditambah lagi dengan adanya platform Aplikasi Bali Mall diharapkan mampu memperluas jangkauan pasar sehingga semakin banyak pembeli.

Pameran baik secara virtual maupun juga konvensional serta kombinasi virtual dan konvensional yang digagas Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Bali di masa pandemi COVID-19 para perajin maupun UMKM itu memiliki ruang untuk menampilkan karya-karyanya dan ternyata mampu mengangkat serta menjual produk-produknya.

"Sehingga tetap masih bisa memperoleh pendapatan dari produk yang mereka produksi," pungkasnya.

Reporter: Made Sugandha
Penulis: Made Sugandha
Editor: Gunadi

Share this Article :