Rekomendasi

Langgar Prokes, Turnamen Bulu Tangkis Tanpa Ijin Dibubarkan Petugas

Senin, 28 Juni 2021 : 05.06
Published by Hariankota


SUKOHARJO– Tindakan tegas dilakukan Satgas Covid-19 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Sebuah kegiatan turnamen bulu tangkis di gedung olah raga Desa Kertonatan, Minggu (27/6/2021) dibubarkan paksa, lantaran tidak mengantongi izin dan rekomendasi dari Satgas Covid-19.

Camat Kartasura, Suyadi Widodo selaku Ketua Satgas Covid-19 tingkat kecamatan menegaskan, kegiatan dibubarkan saat pihaknya menggelar operasi yustisi gabungan. Selain tidak berijin, jumlah massa yang ada dilokasi, baik peserta dan penonton melebihi batas ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati tentang perpanjangan PPKM mikro

"Didalam SE sudah diatur maksimal 50 orang, tapi ini ada sekitar 100 lebih. Bahkan ada peserta yang datang dari luar kota menggunakan bus, yakni dari Magelang. Bahkan panitia sendiri juga ada yang dari Solo," kata Camat saat dikonfirmasi hariankota.com melalui sambungan telepon.

Menurutnya, banyaknya orang yang berada di lokasi turnamen olahraga ditengah melonjaknya kasus corona tersebut, berpotensi menularkan Covid-19. Panitia penyelenggara dinilai abai dalam menerapkan prokes, khususnya dalam pencegahan kerumunan.

"Untuk panitia penanggung jawabnya, langsung dilakukan pemeriksaan oleh aparat kepolisian guna proses hukum. Tadi ada dua orang panitia dan pemilik gedung sudah dipanggil ke Polsek Kartasura," ujarnya.

Sebelum membubarkan, petugas gabungan dari Koramil Kartasura, Polsek Kartasura, Kasi Trantib Satpol PP, memberikan himbauan atas dasar menindak lanjuti SE Bupati Sukoharjo Nomor 400/1843/2021 yaitu, pada tentang perpanjangan PPKM mikro. Operasi juga dimaksudkan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan.

"Jadi, kami baru tahu setelah mendapat laporan warga, bahwa di Desa Kertonatan ada turnamen bulutangkis. Makanya kami bubarkan karena tidak sesuai prokes yang dikhawatirkan bisa menimbulkan klaster baru penularan virus," tandasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Nuraini


Share this Article :