Rekomendasi

Pemkab Sukoharjo Kebut Vaksinasi, Giliran Pedagang Pasar Jadi Sasaran

Rabu, 09 Juni 2021 : 19.15
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) terus melakukan pemberian vaksinasi Covid-19. Selain tenaga kesehatan (nakes), pelayanan publik, tenaga pendidikan, dan lansia, kali ini giliran pedagang pasar tradisional.


Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Grogol dan Pasar Bekonang mengatakan, sebelumnya vaksinasi juga sudah dilakukan di pasar tradisional Tawangsari, Weru, Gatak, Baki, dan Pasar Jamu Nguter.


"Harapannya semua berjalan lancar. Vaksinasi untuk pedagang pasar tradisional sudah dijadwal karena kuota vaksin terbatas, nantinya semua pedagang pasar tradisional akan mendapat vaksin,” kata Etik disela memantau di Pasar Grogol, Rabu (9/6/2021). 


Dengan terbatasnya kuota kiriman vaksin tersebut, Bupati minta masyarakat untuk bisa bersabar. Sasaran untuk pedagang pasar sekaligus juga untuk lansia karena banyak pedagang yang sudah lansia.


"DKK sudah membuat jadwal untuk vaksinasi pada lansia, jadi masyarakat tidak perlu khawatir tidak akan mendapat vaksin karena semua lansia pasti akan mendapat giliran vaksinasi," tegas Bupati.


Dijelaskan, untuk pelaksanaan vaksinasi di dua pasar, Grogol dan Bekonang masing-masing menyasar 200 pedagang. Nantinya semua pedagang pasar tradisional di 12 kecamatan diharapkan bisa segera mendapat vaksinasi.


"Meski sudah divaksin, saya minta masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes), karena vaksin bukan obat tapi pencegahan dengan meningkatkan imun. Yang penting jalankan 5M," imbuhnya.


Sementara, Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati kepada hariankota.com menambahkan, untuk perkembangan vaksinasi bagi nakes hingga 8 Juni, pemberian dosis 1 sudah sebanyak 9.485 orang dan dosis 2 sebanyak 9.050 orang.


"Untuk petugas layanan publik, dosis 1 sudah sebanyak 19.623 orang dan dosis 2 sebanyak 8.187 orang. Kemudian untuk lansia, dosis 1 sudah diberikan pada 27.286 orang dan untuk dosis 2 sebanyak 15.295 orang,” paparnya.


Ia menegaskan, pemberian vaksin akan terus diberikan sesuai sasaran yang sudah ditetapkan, termasuk untuk tenaga pendidikan yang sudah diberikan sebagian bagi yang sekolahnya melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).


"Untuk Kabupaten Sukoharjo, hingga saat ini masih menggunakan vaksin dari Sinovac," pungkasnya. 




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :