Rekomendasi

Staf Khusus Presiden Sambangi Bali Terkait Pembentukan KND

Senin, 21 Juni 2021 : 21.05
Published by Hariankota


DENPASAR
- Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra menerima kunjungan dari Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia. 

Kunjungan Staf Khusus Presiden RI terkait Pembentukan Komite Nasional Disabilitas (KND) bertempat di Ruang Tamu Wagub Cok Ace, Kantor Gubernur Bali, pada Senin (21/6). 

Dalam kesempatan tersebut, Staff Khusus Presiden RI Angkie Yudistia menyampaikan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Indonesia berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 lebih dari 30 juta jiwa.

"Sementara di Bali sendiri memiliki 580 ribu penyandang disabilitas," paparnya,  Senin (21/6/2021). 

Menurutnya jumlah tersebut cukup besar. Untuk itu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas dan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 Tentang Komite Nasional Disabilitas.

"Karena itu, dalam waktu dekat Presiden RI akan mengesahkan pembentukan KND," lanjutnya.  

Mengingat hal tersebut sudah lama dinanti sebagai kelembagaan yang terstruktur dalam hal pemantauan, pemenuhan dan advokasi hak-hak penyandang disabiltas. 

Harapannya Pemerintah Provinsi Bali dapat bersinergi dengan KND nantinya dalam menjalankan berbagai program terkait perlindungan disabilitas," pungkasnya.


Reporter: Made Suganda
Penulis: Made Suganda
Editor: Gunadi




Share this Article :