Rekomendasi

UMS Lantik Lima Wakil Rektor Baru, Walikota Solo dan Bupati Sukoharjo Hadir

Rabu, 02 Juni 2021 : 16.07
Published by Hariankota

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Rektor UMS (foto Sapto Nugroho)

SUKOHARJO
- Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani menghadiri pelantikan lima Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang baru, periode 2021-2025. Pelantikan digelar menerapkan protokol kesehatan ketat dengan undangan terbatas di Edutorium kampus setempat, Rabu (2/5/2021).

Pantauan hariankota.com, lima wakil rektor yang dilantik adalah, Prof Dr Harun Joko Prayitno, M.Hum, sebagai Wakil Rektor I bidang Akademi, riset, pengabdian, publikasi dan HAKI. Prof Dr Apt Muhammad Dai M.Si, sebagai wakil rektor II bidang Keuangan, Administrasi umum dan aset.

Berikutnya, Ihwan Susila SE MSi PhD, sebagai wakil rektor III bidang, Kemahasiswaan, alumni dan pengkaderan. Prof Dr dr EM Sutrisna M.Kes, sebagai wakil rektor IV bidang SDM, kemuhamadiyahan dan sistem informasi. Dan terakhir Ir Supriyono MT PhD, sebagai wakil rektor V bidang Kerjasama dan hubungan internasional.

Dari kelima wakil rektor ini, hanya Prof Muhammad Dai yang merupakan pejabat lama yang kembali dilantik. Sedangkan, empat lainnya merupakan wajah baru.

Rektor UMS, Prof Sofyan Anif berharap para wakil rektor yang dilantik siap membawa UMS yang berkemajuan untuk menuju World class university, yang ditargetkan tahun 2029.

"Ada sejumlah strategi menuju World Class University yakni, pengembangan lembaga dan sistem tata kelola berbasis IT dan terintegrasi, dimana saat ini sudah ada 30 sistem berbasis IT," papar Rektor.

Selain itu, ia Rektor juga memaparkan strategi pengembangan SDM yang proposional, profesional. Penguatan lembaga kerjasama luar negeri internasional program mahasiswa dan dosen. Reaktualisasi pengembangan IPTEK berbasis nilai keislaman.

Kemudian yang tidak kalah adalah pusat pembelajaran daring, pusat pembelajaran IPTEK. Penguatan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat. Pengembangan prestasi dan penelitian kemahasiswaan, proses kaderisasi dengan melibatkan organisasi otonomi kampus.

"Dan terakhir adalah strategi pengembangan unit usaha untuk mendukung kemandirian organisasi dan kampus," tegas Anif.

Dalam kesempatan ini, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan harapannya kepada UMS supaya menjadi perguruan tinggi swasta kelas dunia.

"Menuju world class university, saya titip UMS bisa memajukan anak anak muda," ujarnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Etik berharap agar UMS bisa berkoordinasi dan melakukan komunikasi untuk membangun komitmen baru dan universal sehingga dapat membangun perguruan tinggi yang sehat, berkualitas, sehingga dapat mengabdiikan ilmunya kepada masyarakat.

"Selamat bekerja dengan ketulusan untuk berkarya bagi bangsa Indonesia," pungkas Etik

Share this Article :