Rekomendasi

Ditengah PPKM Darurat, Perayaan HUT Ke-75 Kabupaten Sukoharjo Digelar Tanpa Kirab Budaya

Kamis, 15 Juli 2021 : 15.22
Published by Hariankota


SUKOHARJO- Ditengah upaya menekan laju penularan Covid-19 dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kabupaten Sukoharjo memperingati ulang tahunnya yang ke-75, Kamis (15/2021).

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu diisi dengan lomba antar kelompok masyarakat, ziarah makam tokoh, hingga kirab budaya dengan disaksikan masyarakat. Kali ini sangat berbeda.

Hari jadi Sukoharjo hanya menggelar rapat paripurna istimewa DPRD Sukoharjo dengan agenda mendengarkan pidato sambutan Bupati Sukoharjo Etik Suryani dengan tema, "Dengan Hari Lahir Ke-75 Kabupaten Sukoharjo Siap Bangkit dari Pandemi Covid-19".

Pantauan hariankota.com, Etik dalam kesempatan ini mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kota Makmur untuk terus memupuk semangat kejuangan dalam menghadapi permasalahan yang muncul akhir-akhir ini.

"Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini permasalahan Covid-19 kembali mengalami peningkatan yang luar biasa, khususnya pasca libur lebaran lalu.  Peningkatan ini menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia," sebutnya.

Kabupaten Sukoharjo disebutkan, merupakan salah satu daerah yang mengalami peningkatan penyebaran corona yang hampir merata di 12 kecamatan yang ada. Ini menjadi sebuah keprihatinan dan harus diatasi bersama.

"Upaya pengendalian dan mengatasi dampak pandemi telah dilakukan pemerintah daerah melalui kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk dari jajaran TNI dan Polri serta masyarakat," ujar Bupati.

Diantara upaya itu, sudah ditertibkan beberapa Peraturan Bupati, Keputusan Bupati maupun Surat Edaran Bupati, serta Instruksi Bupati sebagai tindak lanjut petunjuk dari Pemerintah Pusat.

"Sedangkan dalam hal penganggaran, Pemkab Sukoharjo telah mengalokasikan anggaran dari APBD, baik untuk operasional maupun untuk pemberian bantuan bagi masyarakat terdampak," papar Bupati.

Momentum hari jadi tahun ini, oleh Etik dinilai tepat untuk bangkit dari pandemi. Ia menyampaikan beberapa harapan dan pesan , yakni tetap jaga semangat dalam membangun Sukoharjo, tetap jaga protokol kesehatan secara ketat, dan disiplin mentaati peraturan yang ada.

"Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari seluruh partisipasi aktif masyarakat dalam Peringatan Hari Lahir Ke-75 Kabupaten Sukoharjo tahun ini. Semoga menjadi amal baik sebagai usaha bersama menuju Sukoharjo yang lebih makmur," imbuhnya.

Hadir dalam rapat paripurna istimewa DPRD Sukoharjo kali ini, diantaranya, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, anggota Forkopimda dan Sekda Kabupaten Sukoharjo beserta asistennya.


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis; Sapto Nugroho
Editor: Gunadi



Share this Article :