Rekomendasi

Waduh, Sapi Kurban Berontak Mau Disembelih Malah Nyemplung Septic Tank

Rabu, 21 Juli 2021 : 17.14
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Warga sekitar Masjid Nurul Islam, Dukuh Morodipan, Desa Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, dibuat repot oleh seekor sapi yang akan disembelih sebagai hewan kurban Iduladha. Hewan berbobot sekira 300 kg itu berontak lari masuk rumah warga hingga terperosok kedalam septic tank, Rabu (21/7/2021).

Informasi yang didapat hariankota.com, akibat kejadian itu, proses penyembelihan menjadi sedikit terhambat. Evakuasi terpaksa dilakukan petugas dari tim Damkar Sukoharjo dibantu Tim SAR.

Komandan Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Sapi berlari dan akhirnya terperosok ke septic tank didalam rumah milik warga setempat bernama Sumarno (64).

"Awalnya ada empat ekor sapi yang akan disembelih. Yang tiga sudah disembelih. Pas giliran keempat ini tenaganya besar, saat akan disembelih malah berontak terus lari," katanya mengutip keterangan warga.

Semula saat akan disembelih, sejumlah warga sudah berupaya mengikat menggunakan tali tambang. Namun besarnya tenaga sapi berwarna hitam itu saat mengamuk, warga memilih menyingkir menghindari terjangan sapi.

"Sebenarnya septic tanknya itu sudah tertutup beton, tapi ambrol diinjak sapi," jelasnya.

Setelah terperosok di dalam septic tank, sapi terjebak tidak bisa keluar, dan akhirnya ada yang berinisiatif menghubungi Damkar Sukoharjo untuk minta bantuan mengevaluasi sapi.

"Kami mendapatkan panggilan permintaan bantuan evakuasi sapi yang masuk septic tank. Lobang septic tank ukuran 1X1X2 meter, kedalamannya dua meter. Diawal sedikit mengalami kendala," ungkapnya.

Setelah lebih dari satu jam, sapi belum juga berhasil diangkat keatas. Akhirnya, tehnik evakuasi sapi tidak menggunakan cara ditarik menggunakan tali tambang.

"Kami menggunakan teknik mengisi septic tank dengan air sehingga tubuh sapi terangkat dan bisa dikeluarkan," ujar Margono

Meski proses evakuasi memakan waktu cukup lama, akhirnya setelah berhasil di keluarkan dari septic tank sapi langsung disembelih.


Reporter: Sapto Nugroho

Penulis: Sapto Nugroho

Editor; Gunadi






Share this Article :